TAHAPAN INTERNAL & EXTERNAL SCANNING ENVIRONMENT DALAM SISTEM MANAJEMEN STRATEJIK WHEELEN & HUNGER
a.
Alat yang dapat digunakan untuk mengukur yaitu melalui
swot analisis dan pest analisis.
b.
Salah satu cara yang
paling banyak digunakan oleh orang – orang adalah SWOT dan PEST ANALYSIS.
1.
Strength :
merupakan peninjauan keunggulan – keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan
untuk dapat bersaing dengan pesaing yang ada sehingga perusahaan dapat
meningkatkan keunggulan tersebut dan mempertahankannya.
2.
Weakness :
merupakan penjauan kekuangan, kelemahan, atau keterbatasan yang dimiliki oleh
perusahaan dalam segi sumbe daya, keterampilan, serta kapabilitas yang dapat
menghambat perusahaan.
3.
Opportunities :
merupakan peluang - peluang yang
dimiliki oleh perusahaan.
4.
Threat :
merupakan ancaman yang dimiliki peusahaan bagi posisi yang ada sekarang maupun
yang akan datang.
PEST
analisis merupakan analisis terhadap factor lingkungan eksternal yang meliputi
4 bidang, yaitu politik, ekonomi, social, dan teknologi. Strateeegi ini umumnya
digunakan untuk menilai situasi, strategi, arah pemasaran, dan ide – ide dari
suatu didalam peersaingan pasar baik itu peluang maupun ancaman.
1.
Faktor Politik :
meliputi kebijakan pemerintah, masalah masalah masalah hokum, aturan fomal dan
informal yang beerasal dari lingkungan dimana peusahaan melakukan kegiatan.
2.
Faktor Ekonomi :
meliputi faktr – faktor yang mempengauhi daya pembelian dan mempengaruhi iklim
bisnis suatu perusahaan sepeti inlfasi, standar nilai tukarr, suku bunga, dan
petumbuhan ekonomi.
3.
Faktor Sosial :
faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan pelanggan dan mempengaruhi pangsa
pasar yang ada melalu aspek – aspek seperti budaya, kesadaran kesehatan, usia,
dan karier.
4.
Faktor Teknologi :
meliputi faktor – faktor kemajuan teknologiyang dapat membantu menghadapi
tantangan bisnis dan mendukung efisiensi proses bisnis serta kualitas dan juga
inovasi.
Komentar
Posting Komentar