Pentingnya Pengetahuan Ilmu Revenue Management
Di kesempatan kedua kali ini kita berkesempatan untuk bertemu dengan salah satu director of revenue management di The Hermitage Menteng
Sebelum kita membahas jauh tentang pentingya Revenue Management bagi hotel. Yuk kita lihat lagi background dari pak Edwin. Pak Edwin merupakan lulusan Administrasi Hotel Sekolah Tingga Pariwisata yag sebelum menempati posisi director of revenue management di Hermitage Menten, pakEdwin sebelumya pernah bekerja di bagian membership di Jayakarta, kemudian melanjutkan ke bagian housekeeping attendant di Qatar, lanut lagi ke Nirwana Resort di Bintan, dilanjutkan lagi ke Keraton di bagian digital marketing dan kini menempati posisi directore of revenue management di Hermitage Menteng. Kalau di lihat dari riwayat pekerjaan pak Edwin memiliki pengalaman ang cukup banyak di industri hospotality.
Pada pertemuan ini ak Edwin mencoba untuk memberikan pengertian kepada kami, betapa pentingnya revenue management di hotel. Pak Edwin menyebutkan kalau penjualan hotel bergantung pada forecasting yang di buat oleh revene manager yang kemudian dilanjutkan dengan market aiming diikuti decision making supaya tepat sasaran. Akan tetapi semua ini tidak dapat disamakan antara hotel satu dengan yang lain karena semua tergantung pada kebutahan hotel masing masing
Pak Edwin juga meyebutkan kalau salah satu yang di jadikan keberhasilan sebuah hotel bukan semata mata dilihat dari revenuenya yang besarakan tetapi semua dilihat lagi dari comp set hotel tersebut. Dari itu juga kita tidak bisa membuat ranking sebagai patokan baik tidaknya hotel yang kita miliki tapi kita sebaiknya menelaah terlebih dahulu growth index dari hotel kita dari market share.
Setelah pak Edwin menyebutkan forecasting sangat penting dilakukan apabila kita menepati posisi Revenue Manager, maka salah satu tugas dri Revenue Manager yaitu memnetukan dynamic pricing dari hotel kita. Dynamic pricing digunakan sebagai pengaturan kapan kita harus menaikan harga kamar berdasarkan pada situasi hotel sekitar dan event yang sedang dilaksanakan sehingga kita bisa tau berapa persenan diskon yang bisa kita berikan kepada tamu mengingat harga kamar hotel yang bisa berubah ubah tiap harinya.
Hal yang paling menarik dari pembiraan kami dengan pak Edwin ya itu pak Edwin enyeutkan bahwapekerjaan seorang Revenue Manager tidak melulu dengan kelebihan sesorang dalam mengolah angka angka, tapi semua itu dilihat dari kemampuan analytical thinking revenue manager itu sendiri. Data pun penting, kita jangan terlalu mengacu pada angka yang dihasikan dari data yang kita olah. Karena mungkin saja comp set kita baik nampu index kita turun, tidak baik juga kondisi ini untuk hotel kita. dari data yang kita peroleh dari lapangan itu yang kita jadikan sebagai cerminan terhadap actual issues yang terjadi di hotel kita. sehingga dta juga mempengaruhi cara kita mengambl keputusan apabila sewaktu waktu kondisi yag terjadi pada hotel.
Komentar
Posting Komentar